Indonesia memiliki destinasi wisata yang menarik baik dalam
hal lingkungan, tempat wisata, fashion, kuliner dan lain sebagainya. Namun padadasarnya,
masih sangat kurang dalam sinergi dalam mengekspos keindahan Indonesia. Seperti
yang di ungkapkan oleh Bapak Asnawi Bahar, Ketua Umum Ashita, wisatawan hanya
sekitar 9,4 juta. Apakah ini kutukan? Sedangkan Tuhan saat Indonesia merdeka
sedang tersenyum. Oleh karena itulah kita harus menjual apa yang mereka
butuhkan bukan hanya apa yang kita punya
Bapak Asnawi Bahar, Ketua Umum ASITA- Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies, mengatakan bahwa kita
harus bersinergi dalam berbagai hal. Baik itu dalam sinergi menulis maupun
memberikan solusi bagaimana turis bisa pergi kesana, apa saja sarana, prasarana
yang baik dalam hal pariwisata.
Bapak Iqbal dari Kementrian Pariwisata mengatakan bahwa kita
harus mengatakan bahwa destinasi wisata Indonesia bukan hanya banyak tapi
buaaanyakk. Sehingga target dari Presiden Indonesia Jokowi, yang mengatakan
pada tahun 2019, Indonesia akan menembus 20 jutta wisatawan. Tentu saja hal itu
harus didukung dengan infrastruktur dan memberikan fasilitas kepada para turis.
Berbagai permasalahan pariwisata sudah diselesaikan seperti
permasalahan bebas visa bagi 94 negara sudah terjawab. Dan kini sekarang
permasalahan nya adalah upaya branding. Oleh karena itu kita harus bersinergi
mempromosikan berbagai destinasi di Indonesia.Kita harus mencontoh daerah kutub
yang memiliki keterbatasan infrastruktur tetapi bisa menghasilkan income
miliyaran.
Kak Arul, Komunitas Online Pesona Indonesia, mengatakan komunitas ini diadakan untuk mengoptimalisasi
branding pariwisata tersebut, dengan menulis di blog tentang destinasi wisata Indonesia
dan menulis buku, sama halnya seperti yang dikatakan oleh Kak Aida dari Batavia
Publishing yang telah berkecimpung lama di bidang publishing kepenulisan buku.
Bapak Iqbal dari Kementrian Pariwisata dan Bapak Asnawi
Bahar sangat mendukung komunitas ini dan mendukung adanya program pergi ke
destinasi wisata Indonesia untuk KOPI agar kopi mempromosikan buanyaaknya
wisata Indonesia.
Komentar
Posting Komentar
please ....add your coment....